021-5345830 ext 1996 / 1981 / 1827 learning@bslc.or.id

1

Learning is Fun

 

Ketika dengar kata “BELAJAR” pasti yang terlintas di benak teman-teman kalo belajar itu beban. Belajar itu hal yang membosankan. Belajar itu tidak enak. blablabla

 

Eittss … tunggu dulu .. Siapa bilang belajar itu membosankan ? siapa bilang belajar itu adalah beban ? Percaya atau tidak percaya, yang namanya belajar itu MENYENANGKAN. Yup, Learning is Fun .. Motto BSLC tuh. Hehehe 😀   Coba saja kalian tanyakan sama teman-teman yang tergabung dalam aktivitas mentoring yang diadakan BSLC. Menyenangkan atau nggak ?? Pasti bakal pada jawabnya menyenangkan ..

Buat teman-teman yang masih bingung seperti apakah belajar yang menyenangkan itu ? Mau tau caranya biar belajar itu terasa menyenangkan seperti saat bermain game ? Berikut beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan panduan buat teman-teman yang ingin merasakan belajar yang menyenangkan.

  1. Membuat peta konsep

2

Menurut hasil penelitian, sebenarnya otak kita cenderung berpikir melingkar, holistik, dan kreatif. Jadi, jika dipaksakan dan dimasukkan catatan-catatan dan informasi secara linier, wajar saja kalau otak kita berasa full dan kepala mau pecah. Hehehe … Nah, membuat peta konsep dapat meningkatkan daya ingat hingga 120% dan dapat meningkatkan kreativitas serta dapat mempersingkat catatan tanpa adanya materi yang tidak sempat dicatat.

 

Cara membuatnya sederhana, awalnya tulis tema pokok di tengah-tengah halaman. Lalu buat cabang-cabang yang merupakan sub-pokok bahasan dan buatlah secara melingkar. Dengan menggunakan peta konsep, kita dapat dengan leluasa berkreasi, menggunakan warna, dan menggambarkan apapun di peta konsep kita. Selain ingatanmu menjadi lebih kuat, belajar dan menghafal pun menjadi lebih menyenangkan.

  1. Mewarnai buku cetak

3

Kedengarannya asik, tetapi mewarnainya gak sama dengan jaman SD yaa.. Maksudnya beri tanda pada pembahasan-pembahasan penting di textbook dengan beragam cara. Salah satunya dengan memberi stabilo berwarna. Selain berguna untuk menandakan hal-hal penting, juga memudahkan kita dalam belajar sehingga tidak perlu lagi membolak-balikkan halaman buku untuk belajar dan lebih efisien dalam penggunaan waktu

 

 

  1. Manfaatkan teknologi dan internet

4

Belajar menggunakan textbook membosankan, berat dibawanya, dan lain-lain ? Tapi sosial media nya update terus? Nah, belajar dengan memanfaatkan teknologi dan internet bisa menjadi pilihan teman-teman. Tinggal browsing, trus masukkan keyword yang kamu ingin cari tahu. Dapat deh informasi yang berlimpah dan berguna buat teman-teman yang mengalami kesulitan dalam belajar. Eiittss … Ingat. Digunakan secara bijak yaa.. kalau untuk belajar yaa gunakan untuk belajar.. Jangan dipakai Cuma buat update status Facebook, Twitter, Path dan lain-lain yaa..

 

  1. Belajar dengan merekam atau melagukan

5

Tips yang ini juga tidak kalah ampuh. Buat teman-teman yang cepat hafal lagu tetapi susah hafal materi pelajaran, ini bisa jadi solusi yang bagus. Caranya hanya dengan menyiapkan alat perekam. Lalu rekam semua hal-hal yang diterangkan dosen saat di kelas dan putar kembali begitu sampai di rumah. Ini adalah cara bagi teman-teman yang mengalami ketinggalan catatan yang disebabkan dosennya menerangkan udah kayak modem 4G. Cepatnya tuh kebangetan.

Kalau belum mengerti juga, masih ada cara lain untuk menghapal, yaitu dengan melagukan. Buat teman-teman yang punya bakat menyanyi yang belum tersalurkan, mungkin dengan merangkai materi pelajaran yang dirangkai dalam bentuk lirik lagu dan diiringi dengan musik kesukaan dapat memudahkan teman-teman dalam mengingat materi. Menyenangkan, bukan ?

Dari semua tips-tips diatas mungkin tidak semua nya akan selalu berhasil. Tetapi, ingat. Kuncinya kita harus selalu berusaha dan tidak menyerah dalam kegagalan. Jika kita mau dan terus berusaha, percayalah kita pasti bisa.

Search